Seminar Lingkungan Hidup MAPALA SUTHA, WALHI Jambi : Generasi Anak Muda adalah Pelopor Perubahan.



Jambi, 12 Juni 2024 – MAPALA UIN STS Jambi mengadakan Seminar Lingkungan Hidup dengan tema “Jaga Lingkungan untuk Bumi Lestari” di Auditorium UIN STS Jambi. Acara ini bertujuan membangun karakter tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan mahasiswa dan anggota UKM MAPALA. Diharapkan, melalui kegiatan ini, mahasiswa UIN STS Jambi dapat menjadi lokomotif perubahan positif bagi kampus dan masyarakat sekitarnya.

Seminar ini juga mengingatkan kita pada teori ekosentrisme, yang menempatkan etika pada seluruh komunitas ekologis, baik yang hidup maupun tidak. Dalam pandangan ekosentrisme, makhluk hidup dan komponen abiotis saling terkait satu sama lain secara ekologis. Oleh karena itu, kewajiban dan tanggung jawab moral kita tidak hanya terbatas pada makhluk hidup, tetapi juga berlaku untuk semua realitas ekologis.

Ginda Bahari dari WALHI Jambi, yang dipercaya sebagai pembicara dalam seminar ini, menjelaskan bahwa manusia menghadapi berbagai masalah, tetapi semua akan bertemu pada satu masalah yang sama yaitu masalah lingkungan. “Seminar ini merupakan wadah yang sangat penting bagi generasi muda saat ini untuk mendalami permasalahan lingkungan yang sedang terjadi serta bagaimana peran generasi muda untuk mengambil peran dan menjadi pelopor dalam penyelamatan ekologi atau lingkungan,” terang Ginda.

Dengan pemahaman ini, diharapkan peserta seminar dapat mengembangkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan secara menyeluruh. Dengan begitu, mereka dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari, tidak hanya di kampus tetapi juga di masyarakat luas. Seminar ini menjadi langkah konkret bagi MAPALA UIN STS Jambi dalam mendorong mahasiswa untuk mengambil peran dalam menjaga dan melestarikan bumi bagi generasi mendatang.

Acara ini menegaskan komitmen MAPALA UIN STS Jambi dalam membina karakter mahasiswa yang peduli lingkungan dan mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi lingkungan kampus dan sekitarnya.

Jadilah Bagian dari WALHI Jambi

AYO BERDONASI

Tidak ada hal yang sepele dalam gerakan penyelamatan lingkungan

Kunjungi Kami di Instagram

Kamu Harus Baca Juga ini :